Selasa, 23 Agustus 2016

TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER




Kali ini penulis akan membahas tentang teknologi jaringan computer. Sebelum membahas lebih dalam, kalian harus tau tentang pengertian dari teknologi itu sendiri.

TEKNOLOGI adalah Penerapan ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan dalam hal problem solving atau pemecahan masalah

Sedangkan, JARINGAN KOMPUTER adalah Sekumpulan komputer yang saling terhubung melalui sebuah media transmisi kabel maupun nirkabel. 

Jadi, TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER adalah Penggunaan ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan dalam hal menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain agar dapat melakukan sharing data dan informasi secara lebih cepat.

Adapun MANFAAT dari Jaringan Komputer : 
1.     Bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet. 
2.        Bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien. 
3.     Berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah. Selain itu, juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video.
4.    Misalkan dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.

Sejarah singkat Jaringan Komputer pertama di dunia berawal dari tahun 1969, di negara Amerika Serikat dengan nama ARPANET (Advanced Researh Project Agency Network). Arpanet dikembangkan oleh Badan Pertahanan Militer Amerika Serikat atau yang dikenal dengan nama DARPANET (Defance Advanced Researh Project Agency Network).
Ada 4 lokasi utama dimulai nya jaringan Arpanet, yaitu :
  1. SRI (Stanford Research Institute)
  2. UCLA (University California, Los Angeles)
  3. University of Santa Barbara
  4. Univiersity of Utah

Setelah kalian mengetahui tentang sejarag singkat dari Jaringan Komputer, disini saya juga akan memberikan tentang Konsep Teknologi Jaringan Komputer (berdasarkan letak geografis nya) ada 4, yaitu :
  1. PAN (Personal Area Network) 
  2. LAN (Local Area Network)
  3. MAN (Metropolitan Area Network) 
  4. WAN (Wide Area Network)

1. PAN (Personal Area Network) 
Pada saat kita saling menghubungkan komputer atau perangkat lain seperti handphone, PDA, keyboard, mouse , headset wireless, camera dan peralatan lain yang jaraknya cukup dekat (4-6 meter) maka kita telah membentuk suatu Personal Area Network. Hal yang paling penting bahwa dalam PAN ini kita sendiri yang mengendalikan (authoritas) pada semua peralatan tersebut. Selain dihubungkn langsung ke komputer lewat port USB atau FireWire, PAN juga sering dibentuk dengan teknology wireless seperti bluetooth, Infrared atau WIFI. 



2. LAN (Local Area Network) 
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer dalam kampus, gedung, kantor, dalam rumah dan sekolah. Jangkauan dari MAN ini berkisar ± 1km


3. MAN (Metropolitan Area Network) 
Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.


4. WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan
komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.
  


Demikianlah penjabaran dari saya. Silakan lihat materi saya selanjutnya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottlenose Dolphin