Jumat, 30 September 2016

MEDIA JARINGAN KOMPUTER

Kali ini Saya akan membahas tentang materi Media Jaringan. Pertama kita harus tau apakah itu Media Jaringan ?

Media Jaringan adalah Sebuah perangkat keras yang digunakan untuk membangun jaringan komputer baik berupa kabel maupun jaringan komputer nirkabel.
Jenis media jaringan :
  1. Kabel (wired)
  2. Nirkabel (wireless)




A.    JARINGAN KABEL (WIRED)
Jaringan kabel adalah jaringan yang menggunakan kabel sebagai media penghubung. Dibawah ini merupakan kelebihan dari Jaringan Kabel, yaitu :
¢  Relatif murah
¢  Tingkat keamanan relatif tinggi
¢  Performa / Stabilitas jaringan dan bandwith yang lebih tinggi dan lancer
¢  mudah dalam instalasi
¢  Biaya yang murah dalam investasi jaringan

Sedangkan kelemahannya adalah :
¢  Kerapian yang kurang(nilai estetika) karena kabel yg berantakan /sembraut
¢  Jangkauan dan akses client yang terbatas
¢  Susah jika ada perluasan jaringan
¢  Wired LAN harus di tempatkan di tempat yang aman
¢  Security pada wired LAN akan hilang pada saat kabel jaringan di potong

Jenis-jenis Media Jaringan dengan menggunakan kabel diantaranya :
1.  Kabel twisted pair
Kabel twisted pair merupakan kabel jaringan yang didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan. Cara kerja dari kabel Twisted Pair adalah dengan mengahantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan.
Kabel twisted pair ini terbagi atas 2 jenis, yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair)


STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus tembaga/alumunium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. Sedangkan UTP adalah kabel yang tidak memiliki selubung pembungkus tembaga/alumunium foil. Kedua kabel ini terdiri dari 4 pasang warna kabel terpilin mirip kabel telepon, yaitu :
1.       Orange                      5.  Putih Orange
2.      Biru                            6.  Putih Biru
3.      Hijau                          7.  Putih Hijau
4.      Coklat                       8.  Putih Coklat

Untuk Kabel Twisted pair sendiri jangkauannya tidak lebih jauh dari 100meter, Kecepatannya bervariasi mulai dari 10 Megabit per detik sampai 10000megabit/detik atau 10 Gigabit per detik
Untuk penggunaan koneksi komputer, dikenal 2 buah tipe penyambungan kabel UTP ini, yaitu straight cable dan crossover cable. 
Kabel Crossover

Kabel Stright
Fungsi masing-masing jenis koneksi ini berbeda, straight cable digunakan untuk menghubungkan client ke hub/router atau dengan kata lain digunakan untuk menghubungkan pada perangkat jaringan yang berbeda namum kedua ujung kabel memiliki urutan warna yang sama, sedangkan crossover cable digunakan untuk menghubungkan client ke client atau untuk menghubungkan hub ke hub atau dengan kata lain digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama namun kedua ujung kabel memiliki urutan warna yang berbeda.
                                    
Ada beberapa kategori untuk kabel Twisted Pair, yaitu :

¢  Kategori 1 (Cat-1).
Umumnya menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24 pin dengan range impedansi yang lebar. Digunakan pada koneksi telepon dan tidak direkomendasikan untuk transmisi data.
¢  Kategori 2 (Cat-2).
Range impedansi yang lebar, sering digunakan pada sistem PBX dan sistem Alarm. Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2, dengan bandwidth maksimum 1 MBps.
¢  Kategori 3 (Cat-3).
Sering disebut kabel voice grade, menggunakan konduktor padat sebanyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 Ω dan berfungsi hingga 16 MBps. Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps.
¢  Kategori 4 (Cat-4).
Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps, diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps.
¢  Kategori 5 (Cat-5).
Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m.

2. Kabel coaxial
Kabel coaxial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar di mana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar. Prinsip kerja Coaxial dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan.
Saat ini kabel jenis Coaxial sudah mulai ditinggalkan karena port untuk konektor BNC yang dipakai sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer atau perangkat jaringan seperti switch dan router. Instalasi jaringan denga kabel coaxial sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membuat atau memasang konektor.

Bagian-bagian kabel coaxial ialah sebagai berikut.
a.  Isolator luar (outer jacket) yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel. 
b. Pelindung atau disebut juga grounding (barided copper shielding) yang merupakan serabut kabel terpilin bersilang yang berfungsi mengantisipasi frekuensi listrik yang tidak diinginkan. 
c.  Isolator dalam (plastic insulation) yang merupakan kulit pelapis kabel konduktor. 
d. Konduktor (copper cunductor) merupakan inti kabel tunggal atau serabut yang berfungsi sebagai medium transmisi data.
Kabel coaxial biasanya digunakan untuk topologi bus. INstallasi CCTV juga biasanya menggunakan kabel coaxial.
 
3.  Kabel fiber optic
Kabel fiber optik ini tebuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. Karena terbuat dari kaca, sinyal yang dikirim oleh FO ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan. Makanya tidak heran bila transmisi kabel ini lebih cepat dibandingkan dengan dua kabel sebelumnya. Salah satu kelemahan kabel ini adalah gangguan (noise) yang sering terjadi apabila tertekuk walaupun hanya sedikit.

Bagian-bagian kabel fiber optik adalah sebagai berikut.
a. Pelindung kabel (cable jacket) yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel. 
b.  Pelindung fiber (strengthening fibers) berfungsi menjaga kabel dari benturan keras. 
c.  Lapisan plastik (coating) berfungsi menjaga kabel dari tekukan. 
d.  Lapisan tipis (cladding) berfungsi sebagai pembatas yang memuat gelombang cahaya sehingga data dapat ditransmisikan. 
e.  Fisik medium utama (core) berfungsi sebagai medium transmisi data.


B.    JARINGAN NIRKABEL (WIRELESS)
Jaringan wireless adalah jaringan yang menggunakan gelombang radio, satelit, inframerah, dan teknologi Bluetooth sebagai media penghubung.
Kelebihannya:
¢  Jaringan rapi dan mempunyai nilai estetika,tidak ada kabel yg sembraut
¢  Kemudahan proses instalasi
¢  Mudahuntuk perluasan jaringan
¢  Pengurangan anggaran biaya
¢  Jangkauan luas
¢  Pemeliharaan murah
¢  Infrastruktu berdimensi kecil

Kelemahannya:
¢  Gangguan gelombang jaringan
¢  Keamanan data kurangterjamin
¢  Konfigurasi yang lebih rumit
¢  Kapasitas jaringan terbatas
¢  Biaya investasi cukup mahal
¢  Tidak stabil dan terpengaruh cuaca
¢  Kapasitas jaringan karena keterbatasan spektrum
Jenis- jenis dari jaringan nirkabel yaitu sebagai berikut :
            1.    Wireless Wide Area Network ( WWAN)
Wireless Wide Area Network (WWAN) Merupakan jenis jaringan nierkabel yang mencakup daerah yang luas seperti kota atau negara. Penggunaan WWAN ini melalui beberapa satelit atau antena .
            2.    Wireless Local Area Network (WLAN)
Wireless Local Area Network ( WLAN) merupakan teknologi nerkabel yang mencakup satu area yang sifatnya local, seperti dalam satu gedung.
            3.    Wireless Personal Area Nework (WPAN)
Wireless Personal Area Network (WPAN) merupakan teknologi jaringan nierkabel hanya dapat menjangkau area yang dekat. Contohnya Bluetooth dan infrared

Jenis gelombang yang digunakan pada wireless
1.    Inframerah
Inframerah menggunakan gelombang cahaya yang memiliki frekuensi yang lebih rendah daripada yang diterima oleh mata manusia. Infram
erah ini digunakan pada kebanyakan sistem remote kontrol oleh televisi. Komunikasi inframerah cukup cepat dan tidak membutuhkan biaya yang relative mahal untuk berkoneksi,dan dengan inframerah , kita dapat mengetahui bahwa pesan yang kita kirim akan sampai pada orang yang diinginkan meskipun dalam satu ruangan terdapat banyak penerima inframerah.
Akan tetapi, inframeah ini memiliki kekurangan yaitu hanya bisa dilakukan searah saja, seperti contoh pada saat kita mengirim data antara komputer dengan laptop. Komunikasi dengan menggunakan media inframerah ini, tidak bisa menembus gedung, namun bisa menembus ketika melewati mika transparaan.

2.      Bluetooth
Bluetooth merupakan teknologi yang memungkinkan dua perangkat saling terhubung tanpa menggunakan kabel dan saluran yang tidak terlihat. Cara kerja dari Bluetooth ini yaitu dengan memiliki memiliki sistem Bluetooth didalam alat komunikasi yang digunakan dan juga ada dua perangkat sebagai pengirim dan penerima data dari Bluetooth.
Kelebihan dari Bluetooth ini yaitu selain biayanya relative lebih murah, Bluetooth dapat mengirimkan data lebih cepat daripada inframerah.Bluetooth juga bisa menembus tembok sekalipun. Jadi, semisal kita mengirimkan data dari luar ruangan dengan menggunakan bluetooth, masih bisa dijangkau asalkan radiusnya tidak lebih dari 10 meter.
3.    Wifi
Wifi merupakan salah satu jaringan nierkabel . Wifi ini banyak digunakan oleh masyarakat karena tersedia di banyak tempat. Sinyal wifi ini tidak berkoneksi dengan transfer data. Sinyal wifi mempengaruhi kuat kemahnya terhubung dengan jaringan. Kelebihan wifi ini yaitu mudah di akses dan lebih murah. Namun wifi ini dapat mengganggu perangkat komunikasi yang lain seperti komunikasi radio yang bekerja dalam frekuensi yang sama.
Perlengkapan yang digunakan dalam penggunakan media komunikasi wifi :
a. Access point
        Access point ini berfungsi mengatur lalu lintas data ( pusat transfer data). Kelebihan dari  yaitu transfer data lebih cepat, areanya lebih luas,pengaturan dan keamanan data lebih terjamin. Access point ini biasany digunakan untuk hotspot wifi dan perkantoran yang memerlukan stbilitas dan keamanan data.
b. Ad-Hoc
        Ad-Hoc merupakan koneksi antar device wifi peer too peer. Kelemahan Ad-Hoc ini yaitu bila pengguna wifi terhubung terlalu banyak,maka transfer data menjadi lambat. Keuntungan dari Ad-Hoc ini yaitu lebih murah dan praktis .

5 komentar:

Bottlenose Dolphin